Selasa, 08 Februari 2011

Delapan Daerah Ikut Jambore Batik Warna di Pekalongan

Delapan daerah di Jawa Tengah sudah menyatakan keinginannya untuk menjadi peserta Jambore Batik Warna Alam yang akan diselenggarakan di Politeknik Pusmanu Pekalongan, 30, 31 Juli dan 1 Agustus 2010 mendatang.

Ke delapan daerah itu adalah Banyumas, Purbalingga, Kendal, Cilacap, Pekalongan, Tegal, Pemalang dan Salatiga. "Mereka sudah menghubungi ke panitia di Politeknik Pusmanu Pekalongan," kata Sekretaris Panitia, Very Yudianto SE.

Ditemui di sela-sela rapat persiapan Jambore di kampusnya, Very mengatakan, selain beberapa daerah akan ikut jambore, ternyata Pemerintah Provinsi Jateng melalui Dinas Lingkungan Hidup juga mendukung kegiatan ini dengan menawarkan bibit pohon pewarna alam untuk ditanam di Pekalongan. "Bibit apa yang akan diminta, akan saya penuhi," kata Very menirukan pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup Jateng.

Terkait dengan penawaran itu, maka Kamis (22/7) besok, panitia mengundang tokoh batik warna alam dari Pekalongan dan desainer batik, Dudung Alisyahbana. Dalam pertemuan itu, akhirnya terjadi pembahasan mengenai warna alam tersebut.

Untuk sementara ini, panitia akan mengusulkan ke Provinsi Jateng mengenai bibit pohon yang menghasilkan warna alam yang baik, yakni secang, tingi, jambal dan tegeran. "Kami akan meminta ke Dinas LH Jateng untuk membantu pohon itu untuk bisa dikembangkan di Pekalongan dan sekitarnya," tambahnya.

(sumber:suaramerdeka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar